Sabtu, 04 Agustus 2012

Panduan Belajar Bahasa Korea [part 1 - Abjad Huruf Korea "Vocal"]


안녕하세요 !! Wah, kamu lagi tertarik untuk belajar bahasa Korea ya? Belajar bahasa Korea tidak sesulit kelihatannya tapi juga tidak semudah yang kamu pikir. Belajar bahasa Korea harus "step by step" biar kamu benar-benar menguasai. Untuk kali ini, step pertama kita adalah mempelajari abjad huruf korea.
Jelas kalau abjad huruf korea berbeda sama abjad huruf indonesia atau ejaan pada umumnya.
Di Korea sendiri, abjad huruf korea disebut "Hangul". Abjad huruf korea terdiri dari 24 buah, yaitu 10 vokal dan 14 konsonan.

Kesempatan kali ini akan digunakan untuk mengenal dan menghafal serta menguasai 10 huruf vokal. 10 huruf vokal itu sendiri nantinya masih akan digabungkan sehingga tercipta 11 huruf gabungan vokal.
Nah, langsung aja kita mulai ...

HURUF VOKAL (HURUF HIDUP)
ᅡ = a 
ᅣ = ya
 ᅥ = eo
ᅧ = yeo
 ᅩ = o
ᅭ = yo
ᅮ = u
 ᅲ = yu
ᅳ = eu
ᅵ= i

GABUNGAN HURUF VOKAL
 ᅢ = ae
ᅤ  = yae
ᅦ = e
ᅨ = ye
ᅪ = wa
ᅫ = wae
ᅬ = wi
ᅯ = oe
ᅰ = we
 ᅱ = wi
ᅴ = ui

Penggunaan huruf-huruf diatas biasanya diikuti dengan konsonan. Entah itu konsonan yang berbunyi seperti ᄂ (n), ᄆ (m), ᄃ (d/t), atau konsonan kosong ᄋ (-/ng).
Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :
나 (n+a = na)
모 (m+o = mo)
에 (kosong-+e = e)

Aku sendiri sudah menguasai semua abjad di atas. Waktu menghafal huruf-huru diatas, aku sedikit memakai trik supaya lebih mudah. Nah, aku akan kasih tahu trik-trik itu ke kamu:

(Trik 1)
Pelajari dulu bentuk-bentuk huruf yang paling sederhana. Karena, kalau kamu langsung mencoba menghafal dari yang bentuknya rumit, bisa jadi kamu malah bingung sendiri.

(Trik 2)
Perhatikan huruf "a" dan "ya"!
Huruf "a" berbentuk ᅡ, sedangkan huruf "ya" berbentuk ᅣ. Nah, kalau kamu perhatikan, perbedaan mereka hanya pada jumlah garis yang horizontal. Untuk "a" hanya ada satu garis, untuk "ya" ada dua garis. 
Aku menyebut hal ini "+y"! Jadi, setiap ada dua garis, maka itu berarti ada tambahan huruf "y"!
Coba saja kamu lihat huruf "o" dan "yo", lalu huruf "ae dan yae", dan masih banyak lagi.

(Trik 3)
Golongkan huruf-huruf yang bentuknya terbalik!
Sebagai contoh, kamu menggolongkan huruf "a" dan "eo" lalu huruf "o" dan "u". Hal ini akan lebih mempermudah kamu untuk menghafal.

(Trik 4)
Cobalah menghafalnya dengan cara menulisnya berkali-kali di kertas. Lalu, ubah metode menghafal kamu dari menulis menjadi membacanya.

(Trik 5)
Carilah lyric lagu korea kesukaan kamu yang ada tulisan "hangul"nya. Lalu, cobalah membaca lyric lagu tersebut hanya pada huruf-huruf yang sudah kamu mengerti dan hafal.

Nah, kalau kamu sudah merasa menguasainya, kamu bisa maju ke step berikutnya...

Jika ada pertanyaan atau komentar, silahkan menuliskannya di kotak komentar yang tersedia :)

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar