Kamis, 18 April 2013

Renungan: Tunduk Pada Orangtua



Bacaan  : Efesus 6
Nas         : Efesus 6:1

”Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.”

”Ma... ngerti nggak sih, aku itu banyak kerjaan. Jangan nyuruh aku terus-terusan donk.” Kata-kata seperti itu kerap kali kita ucapkan pada Mama atau Papa kita, ketika mereka memberikan kita tugas untuk dikerjakan. Kita lebih sering membantah dari pada berkata ”iya”.
Parahnya lagi, sekarang ini banyak kasus yang mengatakan bahwa anak-anak tidak lagi takut pada orangtua. Justru orangtua yang takut dengan anak-anaknya. Jelas saja. Misalnya, ketika diberi tugas untuk membersihkan rumah, si anak langsung ngomel-ngomel, ”Mama ini! Kan ada pembantu! Aku ini anak Mama bukan pembantu. Hape yang aku minta belum dibeliin, udah nyuruh-nyuruh aku bersihin rumah! Pokoknya, kalau Mama masih suruh-suruh, aku pergi dari rumah!”. Mendengar itu, orangtua sudah tidak mampu berkutik lagi.
Wah, hal yang seperti itulah yang tidak sepantasnya kita lakukan terhadap orangtua kita. Hukum Tuhan ke-5 mengatakan ”Hormatilah Ayah dan Ibumu...”, Efesus 6:1 juga mengatakan, ”Hai anak-anak, taatilah orangtuamu...”
Seringkali kita tidak menghormati dan tidak taat pada orangtua kita. Kita mungkin labih sering mengecewakan dan membuat mereka sedih dengan perilaku kita dan kata-kata kita.
Ingatlah selalu, bahwa orangtua adalah wakil Allah. Mereka adalah otoritas yang Tuhan letakkan diatas kita. Kitalah yang harus tunduk pada mereka, bukan mereka yang tunduk kepada kita. Karena itulah, hormatilah orangtuamu dan taatilah mereka. Doakanlah kesehatan mereka dan pekerjaan mereka. Dengan begitu, kita menghargai Allah yang telah mengirim mereka untuk kita.

Doa : Tuhan, ampuni kami yang selama ini sering mengecewakan orangtua kami. Ajar kami Tuhan untuk selalu menghormati dan mentaati mereka. Amin....

0 comments:

Posting Komentar