Kamis, 07 Februari 2013

Rasanya Jadi Mahasiswa (Semester I)


waktu kelulusan rasanya bahagia banget. gelar sebagai anak SMA yang udah disandang selama tiga tahun akhirnya dilepas juga. coret-coret baju, sambil foto-foto jadi moment indah waktu itu. dimana-mana kedengeran siswa-siswi yang teriak "lulus!!!" "akhirnya jadi mahasiswa juga" "yey, bukan SMA lagi bro!!" dsb. well, gw juga ngucapin satu kalimat yang gk kalah heboh sama yang lain: "kuliah men bentar lagi, SMA udah gk jaman!"

ya, itu dia kesenangan dan kegembiraan di masa-masa kelulusan yang cuma bertahan gk lebih dari beberapa hari. setelah liburan panjang dimulai, rasanya beneran suntuk dan berkali-kali berharap bisa pergi ke sekolah buat ketemu sama temen-temen (bukan kegiatan belajar-mengajarnya yang dikangenin :P) 

hingga pada suatu saat, rasa suntuk yang ada dihapuskan dengan detik-detik memasuki dunia perkuliahan. semua pada sibuk mempersiapkan masa orientasi. kebetulan, dibandingin temen2 yg lain, jadwal masuk kuliah gw rada belakangan, jadi ada waktu sekitar 3 hari menikmati temen2 yang pada repot ngejalanin masa orientasinya.

well, singkat cerita, gw udah sampe di Jakarta dan memulai hidup sebagai anak kuliahan (pastinya di gembleng dulu ye).. yah, masa2 itu emang jd masa paling sulit, secara gw belum kenal banyak orang, paling cuma MEILIANA KWARI aja yang sejatiinya adalah temen kost gw.. penampilan waktu lagi masa penggemblengan emang paling ancur. rambut mesti dicepol tanpa poni, dan harus pake baju item putih yang dibeli secara kilat. yah, pada akhirnya, masa2 itu selesai juga!!


tapi sayangnya, angkatan 2012 masih harus tetep memakai baju item-putih.. yang ada dalam benak dan sanubari kala itu adalah : "wow, bisa enek banget kalo foto2 bajunya gitu2 semua", dan hal itulah yang terjadi -____- well, waktu pun berlalu.. dibulan pertama, punya satu atau dua teman yang bisa nemenin ke kantin adalah hal paling penting. kalo sampe satu bulan pertama, lu masih keliaran senidrian di kampus, bisa jadi, satu bulan itu adalah masa2 paling sulit buat lu.. yah, itu sih menurut gw.. dan dari sekian ribu orang yang ada di kampus #lebay, paling gk ada tiga orang yg sering nongkrong bareng gw dikampus. SHIENOWA ANDAYASARI, REGINA, FEBRIANTI S.


bulan kedua, hmm lu udah mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan dan jadwal kuliah yang mulai memadat. tapi di bulan kedua ini, gw pribadi masih ngerasaan yang namanya kenikmatan jadi "mahasiswa baru". kenapa? karena masih berasa banget sensasinya ketika ada yang nanya: "udah kuliah ya?" dan gw bisa jawab: "iya". Ya pertanyaan kayak gitu belum seberapa sensasinya dari pada pertanyaan berikut ini: "kuliah apa?" *sombong dikit "kedokteran :D" hahahaha

yap, masuklah kita ke bulan ke tiga! stress mulai bermunculan. satu2nya cara buat ngilangin stress itu adalah dengan bernarsis-naris ria. entah itu di kamar mandi, di dalem kelas, di kantin, di auditorium, di tempat makan, pokonya take some picture deh! lol









bulan2 berikutnya, beban kuliah semakin meningkat. selain mulai ada tugas2, dan segala jenis makalah yang harus dibuat, beban datang dari ujian yang bener2 sesuatu. waktu kyk gini, baru muncul didalam benak, betapa enaknya masa2 SMA, dan mulai muncul semacam keinginan untuk kembali lagi ke bangku SMA :( bukan cuma muncul keinginan untuk balik ke bangku SMA, tapi juga muncul keinginan untuk berhenti kuliah ataupun pindah jurusan. suara2 hati yang bilang: "kamu salah masuk jurusan", makin berdengung di otak dan efeknya mulai sampe ke perasaan. hiks :'(

nah, disaat seperti inilah, teman2 yang begitu baik bakal sangat diperluin buat ngelepas penat. carilah temen sebanyak-banyaknya, karena merekalah yang nantinya bakal ngebantu lu untuk terus maju dan berusha untuk tetap stay di jalan yang selama beberapa bulan ini udah dilewati. gw pribadi bener2 berterimakasih sama banyak temen2 tercinta gw yang mungkin gk akan gw temuin kl bukan di kampus gw yang kece ini. mereka adalah TESA ISWA RAHMAN, KEVIN BREVIAN, ROBBIQ FIRLY, BRAM MULYA, AGNES, NYOMAN dan nama2 lain yang sebelumnya udah gw sebutin diatas :') 

ketika gw mulai bete sama kuliah, mereka adalah teman2 yang bisa diajak buat gila2an. ketika gw bingung sama materi kuliah, mereka juga yg bisa ngebantuin gw buat lebih ngerti materi itu. ketika gw ngerasa capek buat lanjut kuliah (yang bener2 berat), mereka juga yang selalu bilang kalo gw bisa untuk tetep lanjut! intinya, sedih senang, semuanya bareng2 deh :D (btw, gw gk pernah foto sama kevin -__-)








selain makhluk2 maha mulia diatas, gw juga punya temen2 PBL yang super duper gawul dan kalo udah mulai ngecengin orang, langsung ke pada pointnya.. isi dari grup PBL ini gk lain gk bukan yaaa JONATHAN, FEBRIANTI, SHIENOWA, TOMMY DARMA, HAZWANI, TESA RAHMAN, KEVIN BREV, dan JESSICA :D boleh dibilang grup pbl yang kali ini paling top cer deh.. ada Jo yang selalu bisa maju dengan sempurnanya kl lagi presentasi (jd bisa diminta maju waktu pleno), dan ada tommy yang baiknya bukan main (eh tom, gw boong soal yang ketua harus maju pleno.. heheheheh.. maap), ada jessica yang calm banget (kebalikannya febby), ada wani yang kadang jadi guru kita bersama karena kemampuannya yang luar biasa *alay dikit... dan masih banyak manusia2 lain yang berbakat di grup ini :D


yg jelas, kuliah itu, semakin lama bakal jadi semakin berat. tapi kalau lu punya banyak terman, susahnya dan beratnya kuliah gk begitu kerasa. walaupun lu harus HER setiap kali ujian karena nilai lu yang gk bisa lebih dari B, atau walaupun lu haru dimarahin sama dosen penguji gara2 pake kata "feses" waktu berhadapan sama pasien simulasi, selama lu punya teman, semuanya cuma serasa digigit semut. sakit sih, bikin kita jadi nyengir2 kesakitan, tapi bentaran juga rasa sakitnya ilang :)

dan pada akhirnya, tgl 07 FEBUARI, kita semua melepas jabatan kita sebagai mahasiswa semester satu. mulai bulai Maret nanti, kita udah bisa pake baju warna warni dengan berbagai motif (yey). tapi ada yang bikin sedih sih, kita semua harus siap2 buat pisah kelas, pisah kelompok pbl. T_______T
tapi yang pasti, kita gk bakal jadi mantan temen.

oh ya, kelupaan, ada sesosok makhluk juga yang harus disebutin disini. dia adalah AMOR :D yey, my teddy bear.. ini boneka kado ultah ke - 18 dari temen2 disini. Amor jadi bantal kl lagi bobok, jadi tempat nampung air mata kl lagi nangis, jadi tempat curhat kl lagi sendirian, dan yang paling penting, jd objek praktek sebelum ujian skill lab :D lol



well, ada banyak kisah dan tokoh2 lain yang gk disebutin dalam kisah ini. bukan karena gk mau menyebutkan hal2 dan tokoh2 itu, tapi karena ada beberapa kisah dan tokoh yang cukup disimpan untuk pribadi saja :) hehehehe





1 komentar:

  1. Dari cerita di atas gua Jadi pengen lanjut kuliah ,
    Kadang gua suka ketawa sendiri klo liat anak smk/sma yg pake baju putih celana abu abu , padahal mereka gk kembar tapi kog di kembar kembarin dari cara berpakaian wkwkwkwk .

    BalasHapus