Sabtu, 12 November 2011

Tentang Elektroskop

Elektroskop adalah alat yang digunakan melukiskan kehadiran suatu beban pada dirinya sendiri atau obyek di sekitar, yang dekat dengan elektroscop itu.. Kehadiran suatu beban pada suatu elektoscop dilukiskan dengan membeloknya jarum elektroscop, dari yang umumnya tegak lurus.
Ketika jarum berputar, beban pada jarum akan menjadi dihilangkan, sehingga beban di dalam jarum akan sama seperti beban pada jarum saat tegak lurus. Saat elektrocop menyepuh, beban apapun pada elektroskop akan dibagi-bagikan keseluruhan konduktor. Jadi, jika suatu elektroskop memperoleh suatu keseluruhan muatan positif akan jadi tersebar.



Material yang bermuatan positif dan jarum yang bermuatan positif akan mengusir/menolak satu sama lain, menyebabkan suatu pembelokan pada jarum. Ketika elektroskop yang bermuatan positif disentuh, bebannya menjadi netral. Proses ini melibatkan suatu perpindahan elektron antara electoscope yang dibebankan dan pelaksanaan obyek yang disentuhkan.
Ketika suatu elektroskop bermuatan positif disentuhkan, elektron masuk ke elektroskop itu. Dan menjadi bermuatan positif, elektroskop menarik beberapa elektron dari pelaksanaan material (dalam hal ini, seseorang). Elektron yang bermuatan negatif masuk ke elektroskop dan menetralkan muatan positif itu. Jarum relaxas kembali secara alami yaitu tegak lurus seperti ketika memposisikannya.

Reactions:

2 komentar:

  1. terimakasih http://bolehtahusemua.blogspot.com .. sudah bantuin kami, murid-murid SMP PL Bintang Laut dalam membuat elektroskop. Kami sangat terbantu dengan blog yang luar biasa ini.. :)

    BalasHapus
  2. sama2... senang bisa membantu... mohon maaf kl informasi yg diberikan kurang lengkap... krn ini hanya tugas sekolah saya beberapa tahun lalu... :)

    BalasHapus